Mengenal Istilah Porting Polish

Mengenal Istilah Porting Polish

mengenal istilah porting polish

Pada artikel sebelumnya kita pernah bahas mengenai bore up dan stroke up dari sisi fungsi dan efeknya terhadap mesin. Nah, bagi yang belum tahu silakan baca juga di bawah berikut,


Bicara soal mesin, memang tidak akan ada habisnya. Kali ini kita akan bahas mengenai Porting Polish. Sebuah metode yang "katanya" bisa mendongkrak performa mesin motor kalian. Benarkah hal tersebut? Mari kita bedah porting polish ini.

Porting n Polish (PnP)


Porting n Polish itu adalah 2 hal yang berbeda. Namun saling berkaitan, ibarat pria dan wanita selalu berbeda tapi saling membutuhkan~ ciaaaa.

Dua hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi volumetric mesin. Gampangnya menambah flow udara dan bensin yang masuk ke ruang pembakaran menjadi lebih lancar. Lihat ilustrasi berikut,

Ilustrasi porting polish mesin motor

Gas buang yang dihasilkan oleh mesin dapat keluar lebih lancar juga, dan katanya Porting n Polish ini dapat mendongkrak motor sampai 2,5 HP, lumayan ya!

Porting


Porting memiliki arti pada pembentukan ulang saluran masuk dan buang agar sesuai dengan tujuan mekanik dalam membangun sebuah mesin.

Sederhananya adalah mendesign ulang atau memperbesar jalur intake ( jalur masuk udara dan bensin) dan exhaust (gas buang).

Tujuanya supaya mesin motor kalian mendapatkan aliran udara yang optimal.


Jadi tenaga mesin yang dihasilkan otomatis akan lebih besar dan hal ini akan merubah karakter mesin kalian. Caranya? Banyak, bisa pakai mesin CnC atau pakai bor tuner.

Bedanya kalau pakai CnC memang lebih persisi, tapi harganya lumayan bisa menguras dompet, mungkin tidak masalah ya bagi para sultan modif hedon.

Berbeda pakai bor tuner yang lebih murah. Tapi harus dipastikan dulu memang bengkelnya sudah berpengalaman ya!

Polish


Tadi kan kami bilang porting n polish itu selalu terikat. Biasanya kalau sudah diporting, mesin pasti dipolish juga. Yaps polish Ibarat sepatu dinas PDH yang perlu dipoles biar kinclong dan licin.

Jika mesin kalian yang sudah diporting permukaanya kadang menjadi agak kasar, jadi perlu dihalusin lagi. Biar apa? Supaya aliran udaranya makin lancar.

Dari referensi yang saya dapatkan, polish ini sekarang hanya untuk di jalur exhaustnya saja. Supaya kotoran atau sisa pembakaran tidak gampang nempel di dindingnya.

Kesimpulan


Jadi perlu tidak porting and polish ini? Jawabanya kembali ke kalian. Kalau memang butuh, silakan, yang perlu dipastikan tinggal cari bengkel yang memang sudah berpengalaman.

Sebab, jika melakukan PnP dengan benar, motor kalian akselerasinya bakalan lebih enteng dan lebih spontan! Nafas mesin jadi lebih panjang dan bensin tetep irit atau efesien.


Karena udara dan bensin yang masuk ke mesin lebih lancar, jadi tenaga motor makin besar dan pembakarannya lebih sempurna. Semoga bermanfaat dan salam satu aspal.

1 komentar


EmoticonEmoticon