Cara Merubah Suara Knalpot Motor Menjadi Lebih Halus

Cara Merubah Suara Knalpot Motor Menjadi Lebih Halus

cara merubah suara knalpot motor menjadi lebih halus

Untuk meningkatkan performa motor biasanya para bikers melakukan modifikasi pada tunggangannya.

Nah, salah satu cara untuk meningkatkan performa adalah dengan mengganti knalpot standar dengan knalpot racing atau bisa juga dengan cara membobok bagian dalam knalpot standar.


Dengan mengganti atau membobok knalpot biasanya suara yang dihasilkan akan terdengar lebih merdu dibandingkan dengan knalpot standar. Namun, adakalanya juga suara yang dihasilkan malah terdengar sangat bising.


Suara bising yang dihasilkan diakibatkan karena busa peredam atau glasswool yang terdapat di bagian silender knalpot kurang bagus.

Pilih Peredam Suara yang Baik


Tugas utama busa peredam atau glasswool adalah untuk meredam suara knalpot yang timbul dari hasil pembakaran, dan tingkat kebisingan sebuah knalpot juga tergantung pada ketebalan, kerapatan, dan daya tahan serat dari busa peredam atau glaswool itu sendiri.

Knalpot racing standar biasanya sudah dilengkapi dengan busa peredam atau glasswool bawaan pabrik, namun ketebalan, kerapatan dan serat yang digunakannya belum tentu pas atau berkualitas bagus.

Oleh sebab itu, glasswol yang memiliki material lebih bagus dan tahan lama biasanya memiliki kelebihan daripada busa peredam model biasa, yang pasti suara juga tidak bising. Karena dengan metarial lebih bagus, biasanya bagian luar dan dalam pelat silencer knalpot jadi tidak mudah panas.

Sebab kalau panas berlebihan, kemungkinan akan mengganggu konstruksinya akibat terjadi pemuaian. Dan bila memuai, kemungkinan besar akan mempengaruhi turbulensi di dalam perut knalpot.

Salah satunya adalah peredam yang terbuat dari bahan fiberglass, kelebihan peredam yang berbahan fiber ini lebih tahan lama karena seratnya yang terbuat dari bahan kaca sehingga peredam jadi tidak mudah habis terbakar jika suhu knalpot mulai panas.

Selanjutnya peredam knalpot steelwool, seratnya berbahan dasar besi yang dililitkan atau digumpalkan. Kelebihannya tidak akan habis terbakar oleh panas dan tidak akan terbuang keluar. Daya tahan atau keawetan steelwool bisa mencapai dua kali lipatnya dari glasswool standar atau yang berbahan fiber.

Kelemahannya hanya satu karena berbahan dasar besi, steelwool bisa berkarat bila sudah terlalu lama tidak diganti. Dipasaran produk ini biasanya dijual dengan harga Rp30.000 - Rp45.000, tergantung merk dan ketebalan serat besinya.


Dari semua produk busa peredam atau glasswool yang ada di pasaran, rata-rata memang masih memiliki kekurangan. Di antaranya masih ada yang mudah terbakar, tidak nyaman dipakai, mudah terlepas dari pipa selongsong sampai timbul karat bila menggunakan material besi.

Tapi, jika tidak ingin repot gonta-ganti glasswool, dapat memakai bahan serat karbon kevlar atau serat kaca halus yang sudah dianyam rapi dan rapat.

Keunggulan peredam model ini celahnya lebih rapat dan tidak mudah terbakar, juga mampu meredam panas tinggi, tidak mudah lepas dari sangkar apalagi kena karat. Namun harga galasswool jenis ini lebih mahal dari yang biasa karena dijual per lembar.

Back to Content

Mengganti Leher Knalpot


Step selanjutnya adalah mengganti pada bagian leher knalpot dengan pipa leher yang berukuran lebih besar, tapi pipa yang dimaksud ada dua macam.

Pipa leher jenis ke-1 yaitu yang berada dan terhubung dengan blok mesin dipilih pipa dengan ukuran yang agak besar dibanding leher standar asli dari pabrik.

Pipa jenis ke-2 adalah yang terhubung dengan silencer, gunakan pipa yang berukuran agak besar dibanding pipa yang terhubung ke mesin motor.

Back to Content

Menggunakan Tutup Moncong Knalpot


Terakhir adalah memasang tutup di bagian mulut knalpot. Namun, perlu diketahui bahwa tutup tersebut belum tertutup rapat tetapi masih terdapat lubang di bagian tengahnya.

Kebanyakan tukang modifikasi knalpot membuat tutup knalpot tersebut dengan berbagai macam bentuk. Ada yang mirip seperti wajah dan yang ditengahnya dilubangi.


Tapi, tidak sedikit di antaranya yang membentuk tutup tersebut berupa pipa tersusun dengan ukuran diameter yang bervariasi.

Back to Content


Itulah bagaimana cara merubah suara knalpot motor agar menjadi lebih halus. Dengan menggunakan cara-cara meredam suara knalpot di atas maka suara knalpot kalian tidak lagi mengelegar tapi ngebas halus yang menarik di dengar.

0 Comments

Posting Komentar