Cara yang Benar Untuk Memodifikasi Motor (Part 1)

Cara yang Benar Untuk Memodifikasi Motor (Part 1)

Cara yang benar untuk memodifikasi motor

Modifikasi memang sudah menjadi hobi bagi kebanyakan kaum laki-laki saat ini yang mempunyai sepeda motor kebanggannya.

Tujuannya sendiri yaitu untuk memperindah penampilan motor, menambah performa motor, ataupun sebagai penanda sebuah identitas dari sebuah motor.


Karena modifikasi yaitu merubah dari satu atau bagian seluruh parts motor dari keadaan standar. Oleh karena itu, kali ini saya akan share beberapa tips dan cara me-modifikasi motor kesayangan sobat. Adapun beberapa tips dan cara yang saya share kali ini sebagai berikut,

Modifikasi Motor Dari Fiber Glass


FIberglass, salah satu jenis bahan fiber komposit yang memiliki keunggulan yaitu kuat namun tetap ringan. Walaupun tidak sekaku dan seringan bahan carbon fiber, fiberglass lebih ulet dan relatif lebih murah di pasaran.

Saya sendiri lebih menyarankan gunakan fiberglass, karena kelebihan lainnya elastis atau lentur sehingga mudah dibentuk dan sangat cocok buat brother yang ingin membuat berbagai macam bentuk body atau aksesoris, seperti contoh membuat winglet.

Nah, Berikut bagaimana cara membuat modifikasi motor dengan bahan-bahan yang berupa fiberglas. langkah pertama siapkan peralatan dan bahan-bahan berikut,

Peralatan


  • Kape
  • Spray Gun
  • Bor Tangan
  • Kompressor
  • Grinda Tangan
  • Paint Brush (optional)
  • Kuas (ukuran 1,5 inch)
  • Ampelas (Ampelas meteran no 400 dan ampelas kertas no 1000 & 2000)

Bahan


  • Thinner
  • Cat Duco
  • Tanah Liat
  • Kalk Atau Bedak
  • Matt atau Serat Fiber
  • Epoxy Atau Cat Dasar
  • Pernis atau Clear Coat
  • Dempul Dua Komponen
  • Dempul Satu Komponen
  • Sabun Colek Atau Deterjen
  • Resin Cair + Catalyst (pengeras)

Untuk yang sederhana, kita pakai tiga bahan dasarnya dulu seperti Resin, Matt, dan Catalyst. Ketiga bahan tersebut sudah dibikin fiberglass.

Karena tentunya akan berpengaruh terhadap kualitas fiberglass, makin lengkap bahannya pasti makin bagus kualitasnya asalkan komposisi dan takarannya tepat.

Proses pembuatan cetakannya sendiri ada bermacam-macam cara, ada yang menggunakan Sofware LIGHTWAVE 3D atau 3DsMax. Ada Juga dengan cara dari tanah liat, berikut caranya.

Gunakan tanah liat dan buatlah cetakan menjadi sesuai bentuk keinginan modifikasi brother, lalu tempelkan kertas di atas tanah liat tadi. Fungsinya agar tanah liat tersebut tidak menempel dengan fiberglass.

Setelah itu gunting dan tempelkan serat fiber mengikuti cetakan tanah liat, lalu oleskan resin agar semua serat fiber menyatu dan mengeras, dan biarkan menjadi kering.

Ingat, saat melakukan penempelan usahakan jangan terlalu ditekan, karena takutnya nanti dampak tekanan tersebut akan mengubah bentuk cetakan.


Setelah kering, bersihkan fiber dari tanah liat dengan menggunakan deterjen hingga bersih. langkah selanjutnya adalah memotong, potong-potong bagian yang tidak terpakai. Misal jika sobat ingin membuat lubang, atau membuat sedikit lekukan.

Setelah selesai memotong-motong bagian yang tidak penting saatnya melakukan pendempulan. Ampelas dahulu fiber dengan ampelas yang agak kasar (NO 400), lalu dempul seluruh bagian fiber yang baru sobat buat tadi.

Setelah dempul kering ampelas lagi permukaannya dengan menggunakan Ampelas NO 400 dengan bantuan air supaya pengerjaan bisa cepat. Agar hasil lebih baik usahan mengunakan Alas pada Apmpelas sobat, tujuannya agar saat pengamplasan tidak terjadi lekukan yang tidak diinginkan karna tekanan akibat jari sobat.

Tahap selanjutnya, jika fiber sudah berulang kali didempul dan diamplas, maka hasilnya akan lebih merata. Sekarang campurkan Tiner + Hardener + Epoxy, campurkan seperempat Hardner dengan Seperempat Expoxy, aduk lalu tuangkan Tiner.

Lalu semprotkan bahan ditas ke permukaan fiber, jarak idealnya adalah 40cm, lalu tunggu Epoxy kering. Setelah kering lakukan pengamplasan dengan ampelas halus, disini kita sudah bisa melihat hasilnya.

Setelah tahap tersebut selesai maka tahap selanjutnya adalah pengecatan, di rekomendasikan cuaca dalam keadaan panas terik, dan usahakan debu jangan sampai menempempel pada cat.

Setelah kering lakukan pengecatan kedua dan ke tiga. Sebaiknya lakukan pengecatan tipis-tipis pada awalnya, sehingga 3 kali pelapisan agar hasilnya lebih baik.

Sebagai contoh jika sobat sudah melakukan pengecatan pertama tunggulah hingga kering, lalu lakukan yang kedua tunggu hingga kering juga dan seterusnya sebanyak tiga kali atau beberapa kali jika menurut sobat hasilnya belum sempurna.

Setelah selesai saatnya tahap finishing, yakni dengan menggunakan Pernis + hardener + Thinner. Teknik ini paling penting dimana campuran harus pas, sebelum menyemprotkan coba dahulu hasil semprotan sobat pada bidang lain (usahakan yang tidak terakai lagi).

Jika campuran yang sobat semprotkan tidak menetes maka campuran tersebut pas, namun jika campuran menetes berarti campuran belum pas. Jika sudah pas lakukan Pengecatan dengan hati-hati.

Setelah pengecatan sudah selesai, keringkan fiber karya sobat sendiri dan tentunya jika sudah kering saatnya di aplikasikan.

Back to Content

Modifikasi Motor Agar Lebih Kencang


Bagi brother yang suka dengan kecepatan, tentu ingin performa motor anda jauh lebih meningkat. Ada beberapa cara modifikasi motor agar tenaga makin kuat dan laju yang lebih kencang. Hal ini cocok bagi brother yang memiliki hobi balap.


Namun jangan pernah sesekali melakukan balapan liar, karena selain membahayakan keselamatan, brother juga terancam masuk penjara. Ikutilah ajang balap resmi agar keselamatan lebih terjamin. Dan berikut beberapa cara modifikasi motor agar lebih kencang,

Kurangi Berat Piston


Seringkali berat piston membuat mesin motor bekerja lebih ekstra. Dengan mengurangi berat piston, mesin motor akan bekerja lebih ringan dan laju motor semakin cepat.

Mengurangi Volume Ruang Bakar


Jika motor memiliki kompresi yang tinggi, ini bisa berpengaruh pada kecepatan motor dan tenaga yang dihasilkan. Untuk itu brother perlu meningkatkan kompresi ruang bakar.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara menggerinda silinder sehingga kompresi akan jauh lebih meningkat.

Memperluas Lubang Pembilasan


Campuran gas dan udara yang masuk ke ruang pembakaran cukup berpengaruh pada tenaga motor. Semakin banyak gas yang masuk maka semakin baik pula kepadatan gas sehingga kompresi jauh lebih meningkat.

Brother bisa memperluas lubang pembilasan agar lebih banyak gas yang masuk. Namun perluasaan lubang pembilasan harus pada batas normal, artinya jangan memperluas lubang pembilasan terlalu lebar karena hal ini justru bisa membuat mesin rusak.

Ganti Roda Gear


Ganti roda gear belakang dengan ukuran yang lebih kecil dan ringan agar kecepatan motor menjadi seimbang. Tetapi perlu diingat, pergantian roda gear disarankan harus yang sudah stroke up.


Karena jika mesin square atau overbore memakai gear kecil, justru tarikan akan menjadi berat. Memang top speed pasti bertambah, tapi butuh waktu lebih lama untuk sampai ke top speed teratas.

Back to Content


Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini, dan pastinya tips dan cara modifikasi motor bukan hanya tadi. Oleh karena itu jangan bosen dan lupa ikuti blog kami atau berlangganan artikel terbaru via e-mail agar tidak ketinggalan seputar tips dan cara seperti di atas tadi. Termakasih semoga bermanfaat dan happy reading on my blog.

0 Comments

Posting Komentar