Perawatan Penting Motor yang Lama Tidak Dipakai Karena WFH

Perawatan Penting Motor yang Lama Tidak Dipakai Karena WFH

Perawatan Penting Motor yang Lama Tidak Dipakai Karena WFH

Merabaknya virus corona di berbagai belahan dunia dan daerah membuat pemerintah menghimbau agar pekerja bisa menyelesaikan dari rumah atau WFH (Work From Home).

Akibatnya kendaraan seperti sepeda motor lebih banyak parkir di rumah. Nah, tapi jangan lupa ya, untuk tetap memperhatikan kondisinya agar performa sepeda motor tetap terjaga.

Dicuci


Jika memang sudah ada rencana tidak akan digunakan dalam jangka waktu cukup lama, alangkah baiknya sepeda motor dicuci.

Jadi tersimpan dalam keadaan bersih supaya terbebas dari karat dan risiko lain, disinggahi binatang misalnya, yang berpotensi merusak komponen.

Beri Pelumas


Beri pelumas bagian-bagian yang cenderung atau berpotensi menimbulkan karat. Misalnya rantai roda, atau bagian-bagian yang bergesek lainnya.

Panaskan Mesin


Lakukan pemanasan mesin secukupnya, kira-kira sampai suhu kerja mesin antara 80-100 derajat celcius.

Dilakukan setiap hari akan lebih baik. Untuk mencapai suhu tersebut, panaskan kira-kira sampai 3-4 menit.


Tujuan pemanasan mesin supaya sirkulasi oli mesin tetap lancar dan untuk pengisian baterai. Dan disarankan pemanasan mesin ini dilakukan di ruang terbuka.

Khusus Motor Matic


Khusus tipe motor matic, perhatikan bagian-bagian dalam cover plastik motor. Terutama bagian bawah.

Dikhawatirkan jika sepeda motor lama tidak digunakan, ruang atau rongga ini bisa menjadi tempat singgah binatang (tikus/ular). Lakukan pengecekan ini saat memanasi mesin.

Nah itulah beberapa perawatan penting sepeda motor jika tidak digunakan dalam jangka yang cukup lama, dan semoga pandemi COVID-19 cepat berakhir ya.

0 Comments

Posting Komentar