MotoGP Qatar 2020 Terancam Batal

MotoGP Qatar 2020 Terancam Batal

MotoGP Qatar 2020 Terancam Batal
Kekhawatiran MotoGP terhadap Coronavirus (Covid-19) meningkat jelang ronde pertama musim ini di Losail, Qatar. Pasalnya, Italia dan Jepang telah terjangkit virus tersebut.

Masalahnya, sejumlah anggota tim dan pembalap asal Jepang dan Italia dikabarkan tidak diizinkan kembali ke Qatar. Terlebih dengan melonjaknya penderita virus corona di Italia bagian utara.

Dilansir dari The Race, sejumlah anggota tim Suzuki dan Yamaha diminta tetap berada di Qatar dan tidak pulang ke rumah mereka di Jepang maupun Italia usai tes pramusim yang dilakukan akhir pekan lalu.

Namun dengan mayoritas pembalap kelas premier dan sebagian besar tim yang kembali ke negaranya masing-masing, ada potensi gangguan yang amat besar bagi penyelenggaraan balap MotoGP, jika Qatar membatasi mereka yang berasal dari negara terdampak virus Covid-19.

Untuk diketahui, sebanyak 6 dari 11 tim MotoGP berbasis di Italia. Sementara 3 dari 6 pabrikan MotoGP juga berasal dari Jepang.

Ada juga 7 pembalap asal Jepang dan Italia yang bisa terkena dampak virus corona, termasuk nama-nama besar seperti Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso.

Aturan larangan bepergian dari kedua negara tersebut akan memberikan efek signifikan pada GP Qatar. Apalagi Qatar belum mencatat penyebaran virus corona di negaranya, dan terus meningkatkan tindakan pencegahan di Bandara Internasional Hamad.

Menteri Kesehatan Qatar Hanan Mohamed Al Kuwari merekomendasikan penundaan perjalanan ke sejumlah negara, termasuk Jepang dan Italia.

Otoritas kesehatan Qatar juga mengumumkan bahwa mereka telah mengkarantina pendatang dari China, Korea Selatan dan Iran, yang menjadi negara paling parah dilanda virus corona sejauh ini.

0 Comments

Posting Komentar