Penyebab MX King Tidak Bisa Starter

Penyebab MX King Tidak Bisa Starter

Penyebab MX King Tidak Bisa Starter

Memiliki motor sendiri tentu saja sangatlah memudahkan kita. Apalagi dari segi mobilitas, motor sangatlah praktis untuk dikendarai, dan juga lebih cepat untuk hal transportasi, seperti halnya motor MX King.

Namun demikian, sama seperti kendaraan bermotor lainnya, terdapat banyak masalah yang bisa menghampiri motor MX King kesayangan kita. Salah satu hal yang dapat mengganggu kenyamanan, dan juga menimpa motor kesayangan kita adalah electric starter mati atau tidak bisa distarter.

Pada dasarnya ada banyak sekali hal yang dapat menyebabkan motor menjadi susah untuk distarter. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan motor menjadi tidak bisa distarter.

Busi yang Sudah Mati


Penyebab motor tidak bisa di starter yang pertama adalah busi. Ya, busi memang sudah menjadi salah satu bagian penting dari motor yang seringkali disalahkan ketika motor kita mogok dan tidak bisa distarter.

Hal ini disebabkan karena busi sendiri sudah tidak mampu untuk menghantarlan listrik atau api yang dihasilkan oleh koil untuk kemudian bekerja di ruang bakar.

Busi juga merupakan salah satu sparepart sepeda motor yang sering rusak, oleh karenanya perawatan pada motor terutama busi harus diperhatikan lebih lanjut.

Biasanya, busi yang sudah mati disebabkan oleh banyak hal, seperti,

  • Usia busi yang sudah terlalu lama.

  • Pemilihan jenis busi yang tidak sesuai.

  • Sistem jetting yang terlalu basah, sehingga busi menjadi banjir oleh bensin.

  • Paking blok mesin yang rembes, sehingga oli mesin menempel pada busi, sehingga busi tidak sanggup mengeluarkan api.

Nah, Apabila kalian ingin melakukan pergantian busi, saya sarankan baca juga di bawah ini,


Sistem Pengapian Tidak Semestinya


Apabila setelah kita melakukan pergantian busi, namun ternyata busi baru pun tidak bisa bekerja menghantarkan api dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah kita harus melakukan pengecekan terhadap jalur pengapian motor kita.

Jalur pengapian yang bisa kita coba pertama kali adalah koil. Karena koil sendiri merupakan alat yang berfungsi untuk memproduksi listrik untuk menjadi api pada ruang bakar.

Apabila koil pun mengalami masalah, maka selanjutnya kita melakukan pengecekan pada part berikutnya. Berikut ini adalah urutan part pengapian yang harus dilakukan pengecekan ketika motor susah distarter,

  • AKI

  • ECU

  • KOIL

  • SPUL

  • Sistem Perkabelan (urutan kabel)

Part Electric Starter Rusak


Pada motor yang memiliki electric starter seperti motor modern saat ini, biasanya gejala motor tidak mau distarter ini seringkali disebabkan karena sistem electric strater motor tersebut yang mengalami gangguan.

Hal ini bisa disebabkan karena memang usia yang sudah tidak mendukung (part perlu penggantian). Bisa juga karena adanya part-part seperti gir starter, bendik starter dan juga dynamo starter. yang mengalami kerusakan.

Dengan rusaknya salah satu part tadi, besar kemungkinan motor tidak mau menyala ketika di starter. Karena itu, penggantian dan juga pengecekan untuk part-part diatas juga harus dilakukan agar motor tetap bisa distarter.

Kualitas Bahan Bakar yang Buruk


Bahan bakar yang buruk juga bisa menjadi permasalahan berikutnya yang dapat menyebabkan motor menjadi tidak bisa di starter. Hal ini bisa terjadi karena banyak sekali hal, mulai dari kualitas nilai oktan bahan bakar yang tidak sesuai degnan spesifikasi mesin (jarang sekali terjadi) hingga kondisi SPBU yang tidak steril dari air.


Hal ini kemudian menyebabkan ada senyawa air yang ikut tercampur di dalam dispenser di SPBU, sehingga hal ini menyababkan bensin yang masuk ke dalam tanki motor kita bercampur dengan air, sehingga menyebabkan motor menjadi tidak bisa distarter.

Trik Perbaikan Dari Pengalaman


Saya sendiri pernah mengalami electric starter pada mx king saya mati, namun setelah saya cek bagian-bagian yang menyebabkan kerusakan ini, ternyata semuanya normal.

Nah, jika dari semua penyebab di atas ternyata semuanya normal namun masih tetap saja susah di starter. Bisa jadi saklar rusak atau mungkin saklarnya kotor karena saya yakin tidak pernah dibersikan.

Karenanya, sebelum memvonis starter rusak, ada baiknya kalian coba membersihkan bagian dalam saklar starter. Untuk caranya silakan ikuti di bawah berikut.

  • Bongkar batok.

  • Lepaskan saklar pada bagian batok dan lepaskan juga soket yang menghubungkan ke starter.

  • Bongkar bagian electric starter.

  • Setelah terbuka, lakukan pembersihan pada setiap tembaga electric starter tersebut, dengan menggunakan electronic cleaner.

  • Semprot setiap bagian tembaga, setelah itu bersihkan dengan sikat. Setelah di sikat jangan lupa bersihkan sisa kotoran bekas sikatan tadi. Semprot kembali dan diamkan selama beberapa menit untuk pengeringan.

Setelah semuanya usai tinggal dirakit kembali dan coba dulu kinerjanya. Dijamin pasti bisa bekerja dengan baik lagi, karena saya sendiri melakukannya.


Untuk mencegah agar motor tidak bisa distarter, tentu saja kita harus melakukan perawatn rutin untuk motor kita secara berkala. Hal ini untuk melakukan pengecekan apakah part-part di dalam motor kita masih layak dan tidak akan menimbulkan masalah seperti tidak bisa di starter.

0 Comments

Posting Komentar